Mengenal Tentang BURSA SAHAM


SAHAM adalah =SURAT BUKTI KEPEMILIKAN= atas sebuah perusahaan yang melakukan penawaran umum (go public) dalam nominal dan persentase tertentu. Saham berupa jumlah satuan yang sama dari modal kooperatif yang bisa di perjual belikan atau di perdagangkan, dan harganya bisa berubah sewaktu-waktu tergantung keuntungan dan kerugian atau kinerja perusahaan tersebut.

Macam Saham :
 Saham Biasa ( Common Stock ) :
a.       Mewakili klaim kepemilikan pada penghasilan dan aktiva yang dimiliki perusahaan
b.      Pemegang saham  memiliki kewajiban yang terbatas (  jika perusahaan bangkrut, kerugian maksimum yang ditanggung oleh pemegang saham adalah sebesar investasi pada saham tersebut ).
Saham Preferen ( Preferred Stock ) :
a.       Mewakili kepemilikan ekuitas dan diterbitkan tanpa tanggal jatuh tempo yang tertulis di atas lembaran saham tersebut dan membayar deviden
b.      Saham gabungan obligasi dan saham biasa, karena bisa menghasilkan pendapatan tetap (seperti bunga obligasi), tetapi juga bisa tidak mendatangkan hasil, seperti yang dikehendaki investor.
c.       Klaim atas laba dan aktiva sebelumnya, devidennya tetap selama masa berlaku dari saham, dan memiliki hak tebus dan dapat dipertukarkan (convertible) dengan saham biasa.

Di sini saya tidak akan menjelaskan secara rinci berkenaan dengan PENGERTIA SAHAM tapi saya ingin mengajak pembaca untuk lebih mendekatkan pada Bursa Saham :
Apa itu Bursa Saham ?
Buat apa itu Bursa Saham ?
Apa keuntungan kita dengan Bursa Saham ?
Dan masih banyak lagi pertanyyan yang mungkin ada dalam hati dan pikiran para pembaca

Bursa Saham atau Bursa Efek :
Sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan efek perusahaan yang sudah terdaftar di bursa Saham. Merupakan sumber utama permodalan eksternal bagi perusahaan dan pemerintah.

Biasanya terdapat suatu lokasi pusat, setidaknya untuk catatan, namun perdagangan saham di modernisasi lebih mudah dan simple dengan menggunakan jaringan elektronik atau Internet , dan pihak pihak yang bertransaksi tidak perlu saling tahu lawan transaksinya, perdagangan dalam bursa hanya dapat dilakukan oleh seorang anggota yang sudah mendaftar dan memiliki Rekening RDN ( Rekening Dana Nasabah ) di sebut juga pialang saham. Klik >>> Cara Membuat Rekening Dana Nasabah

Permintaan dan penawaran dalam pasar-pasar saham didukung faktor-faktor, seperti halnya dalam setiap pasar bebas, yang akan mempengaruhi naik atau turunnya harga saham .
Bursa Saham bisa menjadi penghasilan tambahan dengan ikut melakukan jual –beli saham dan mengambil keuntungan dari naik turun harga saham. Menjadi sumber investasi baru buat kita.
Demikian sekedar coretan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam melimpah
Hong Munga Trader Unyu Generasi Sukses

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Pembuatan Rekening Dana Nasabah - RDN

Akumulasi & Distrubusi Menggunakan Broker Summury